Latar Belakang LPI At-Taqwa
Bismillahirrohmaanirrohim “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang khawatir
terhadap (kesejahteraan) mereka” (An-Nisa : 9) Untuk membantu para orang tua dalam mencari pendidikan yang berkualitas baik serta sesuai dengan misi kekhalifahan di muka bumi, maka berdirilah Lembaga Pendidikan Islam AtTaqwa pada tahun 2001 di bawah Yayasan AtTaqwa yang beralamat di Jl. Griya Babatan Mukti Wiyung Surabaya.
Lembaga Pendidikan Islam At-Taqwa ini bertujuan mencetak generasi berakhlaqul School Profile At Taqwa karimah dan berprestasi optimal, generasi yang siap menjadi khalifah Allah di zamannya dan mampu memadukan iman, ilmu dan amal dalam setiap langkahnya.

Visi dan Misi
VISI : Meluluskan siswa-siswi yang :

  • Beraqidah mantap
  • Berakhlaqul karimah
  • Berpretasi akademis Optimal

Misi: Menjadikan Lembaga Pendidikan Islam At-Taqwa sebagai:

  • Lembaga dakwah berbasis pendidikan
  • Lembaga pendidikan percontohan.

At-Taqwa Education System
Kurikulum sekolah At-Taqwa didesain sebagai suatu course of study bagi pembelajar BP – PG – TK – SD – SMP dengan menggunakan materi essensial di kurikulum nasional yang telah dimodifikasi sesuai dengan komunitas lokal. Dengan demikian, mutu ketrampilan pembelajar sekolah alternatif tidak akan tertinggal dengan pembelajar sekolah formal, bahkan diharapkan pembelajar sekolah alternatif akan jauh lebih mampu memecahkan persoalan kehidupan dalam komunitas budaya mereka.

Fundamental Concepts
School Curriculum Development didasari dengan tiga fundamental concept yang mendorong ketercapaian tiga esensi dasar pendidikan, yakni ketaqwaan, nasionalisme yang kuat, dan kecakapan akademis (keilmuan yang kuat) sebagai berikut :

  1. Spiritual Paradigm
    Paradigma belajar diarahkan pada sebuah kesadaran bahwa segala aktivitas pembelajaran, baik yang bersifat horisontal (hubungan kemanusiaan) maupun yang bersifat vertikal (hubungan keIlahian), merupakan upaya untuk menjalankan tugas mulia sebagai mahluk penebar kebaikan dan kearifan di bumi dalam kerangka Rahmatan Lil’alamin (memberikan keberkahan bagi alam semesta) dan untuk mendapat Ridha Allah SWT.
  2. Multiple Intelligences
    Pada dasarnya setiap siswa itu cerdas. Hanya saja, komposisi kecerdasan siswa berbeda-beda. Untuk itu, siswa didorong untuk menghargai setiap potensi yang ia miliki dengan cara mengembangkan setiap area kecerdasan. Hal ini terimplementasikan dalam pembelajaran, guru senantiasa memasukkan nilai-nilai keislaman yang bersumber pada AlQuran dan hadist dalam setiap penyampaian materi pembelajaran. Sekolah At-Taqwa memandang MI ini sebagai sebuah konsep bukan teori dimana dalam kegiatan pembelajaran guru mengembangkan aspek-aspek kecerdasan siswa.
  3. Holistic Learning
    Siswa akan didorong untuk memandang persoalan secara multidimensi. Konsekuensinya, siswa akan membuat keterpaduan antarsubjek dalam melihat setiap persoalan kehidupan.
  4. Curricular Framework
    Aims and Objective Tujuan pembelajaran dalam setiap area pembelajaran diklasifikasikan dalam subject group yang memadukan semua aspek belajar, yakni knowledge, understanding, life skills dan values.