Landasan Pemikiran

Janganlah kalian meninggalkan generasi yang lemah. Stimulasi dini pada masa golden age (0-6 tahun) berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Pada masa ini merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan seseorang, karena pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif). Dengan demikian upaya dakwah yaitu dengan memberikan pelajaran tentang cara mendidik dan menstimulasi perkembangan/potensi anak serta kepada orang tua penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Tujuan

  1. Memberikan keterampilan kepada orangtua tentang cara menstimulasi potensi anak (mengingat anak harus didampingi oleh orangtua/wali selama proses
    pembelajaran).
  2. Memudahkan jenjang pendidikan selanjutnya dalam mengembangkan potensi anak.
  3. Mengembangkan potensi anak dengan lebih optimal.

Waktu Belajar
Baby Program dibimbing selama 2 pertemuan setiap minggunya, yang terbagi dalam 2 kelompok:

Kelompok Lebah : Senin dan Rabu
( jam 08.00 – 09.30 )

Kelompok Kupu-kupu : Selasa dan Kamis
( jam 08.00 – 09.30 )

School Profile At Taqwa
*Pada hari jum’at minggu ke 2 dan ke 4 kelompok lebah dan kupu-kupu masuk sekolah secara bersama- sama.

Tempat Pembimbingan
Aktivitas Baby program bertempat di Jl. Griya Babatan Mukti Blok J-32 Wiyung Surabaya. Lokasi bergabung dengan PG dan TK. Bergabungnya lokasi dengan PG dan
TK ada 2 hal yang menguntungkan, yaitu :
a. Terbentuknya kehidupan sosial yang lebih komplek sehingga menambah pengalaman sosial siswa yang lebih baik.
b. Terbentuknya hubungan kasih sayang yang erat antara kakak dan adik (BP, PG, dan TK ) sehingga sama-sama ikut memotivasi diri untuk jadi lebih baik.

Sumber Daya Pengajar
Baby Program dipandu 1 orang tenaga pembimbing dalam satu kelompok, yang memiliki sertifikat dan pengalaman anak-anak minimal 1 tahun.
Lulus seleksi penerimaan SDM di LPI At-Taqwa serta mendapat training sebelum ditugaskan sebagaimana pengajar yang lain.

Sistem Pendidikan
(0-6 tahun/0-5 tahun)
Pendidikan anak diusia 0-6/0-5 tahun (golden age) merupakan fase pendidikan terpenting dalam rentang pendidikan anak. Pada usia inilah setiap anak dibentuk karakter kepribadiannya (Habit Formation) yang mendasari tumbuh kembangnya aspek knowledge, understanding, skill, dan values. Intinya bagaimana bentuk dan corak kepribadian anak yang akan dikembangkan pada pendidikan selanjutnya, tergantung dari pendidikan dasarnya. Berlandaskan pikiran itulah maka program Baby Program At-Taqwa menekankan (prioritas) pada aspek tertentu dalam proses pendidikannya. Penekanan mencakup sasaran pengembangan dengan prinsip dasar pendidikan sebagai berikut :

Sasaran pengembangan : Fokus pendidikan preschool At-Taqwa adalah pengembangan kepribadian yaitu KEPRIBADIAN YANG MANDIRI.

Layanan kependidikan : Hakekat pendidikan adalah membimbing dalam bentuk LAYANAN INDIVIDUAL dan bukan LAYANAN KLASIKAL (kelompok). Artinya setiap anak harus mendapat pelayanan sesuai dengan keadaan dirinya yang unik, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Prinsip dasar : Beberapa prinsip yang harus dipegang teguh adalah:
a. Sekolah adalah rumah (home) bagi anak-anak dan satu keluarga.
b. Menumbuhkan rasa senang dan keceriaan anak.
c. Menerima anak apa adanya.